happy

happy

Februari 13, 2011

Disini

Ketika saya mempunyai banyak pertanyaan tentang bagaimana saya harus hidup disini, pikiran saya kemana-mana. Bulan pertama dan kedua saya masih meraba dan meraba disini. Merangkak layaknya bayi yang sedang bertumbuh besar. Yup, saya masih tertatih pada bulan pertama.
Bulan ketiga, saya masih disini. Latihan berdiri pun dimulai. Dengan segala kekuatan dan keteguhan hati, saya mulai belajar mengenal area disini. Melihat-lihat di sekeliling dan belajar membacanya. Ada apakah disini,peluang apa saja yang bisa saya dapatkan disini? Saya masih belajar membaca.
Disini, saya belum menjadi apa-apa dan belum terpikir untuk menjadi apa. Satu-satunya pikiran saya saat itu adalah coba jalani saja. Menerima berbagai ilmu dari atasan saya, berbagi pengalaman bersama rekan kerja saya dan tentunya pengalaman yang tidak biasa menghadapi calon client saya. Pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan waktu itu berkumpul menjadi satu yang kemudian saya sebut ia "HABIT". "Kebiasaan" beraktivitas di pagi hari hingga sore hari membuat saya lebih hidup daripada saya harus menjadi anak kos-kosan yang hanya tidur dan makan di kamar seharian. Saya mencoba untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru saya ini, yah, bisnis yang berbeda dari jati diri saya. Pertanyaan yang selalu mengusik saya adalah apakah saya bisa di bisnis ini? Apakah saya mampu untuk tetap berjuang? Seberapa kuatkah keinginan saya untuk mendapatkan hasil?
Seorang Manager di tempat saya bekerja dahulu memberikan satu ilmu yang sampai saat ini masih saya ingat.
"If you want CASH, you need KASH"
Who's KASH?
K means Knowledge, pengetahuan yang kita miliki sangat berguna bagi diri kita maupun bagi orang lain terutama bagi calon client kita. Pengetahuan dan ilmu dapat menunjukkan eksistensi diri kepada orang lain bahwa kita layak untuk diakui. Seberapa luas pengetahuan yang kita miliki sangat mempengaruhi hasil yang akan kita peroleh nantinya.
A means Attitude, apapun jenis pekerjaan dan profesi kita, kita harus mempunyai Sikap yang positif. Sikap yang positif akan memicu kita untuk lebih maju lagi dalam kehidupan. Percaya atau tidak, orang yang selalu bersikap negatif dan berpikiran pesimis maka hasilnya pun akan negatif pula dan hal itu akan benar-benar terjadi.
S means Service, dalam bidang apapun service yang baik menjadi kunci utama sebuah keberhasilan. Memberikan pelayanan yang baik adalah luar biasa dan memuaskan para pelanggan adalah hal yang sangat luar biasa.
H means Habit, lingkungan di sekitar kita terutama lingkungan tempat kita bekerja sangat mempengaruhi sikap kita nantinya. Semuanya dimulai dari kebiasaan yang kita lakukan setiap hari di tempat kerja. Usahakan dalam bekerja, knowledge, attitude dan service akan menjadi satu kebiasaan rutin sehingga kita nantinya akan mendapat HASIL (CASH).

Itulah ilmu yang saya dapatkan dari Manager di perusahaan terdahulu. Kembali ke cerita saya.
Saya menjadikan kebiasaan ini menjadi sebuah tantangan dalam diri saya. Lalu apa yang saya dapatkan disini? Oh, banyak.
Saya disini dapat mengetahui cara berbisnis. Saya disini mendapatkan ilmu yang banyak tentang perdagangan derivatif yang bahkan dulunya saya tidak tahu apa-apa mengenai perdagangan derivatif. Saya sudah merasakan bagaimana cara men-service calon client, bagaimana rasanya ditolak, ditutup telponnya dan rasa dihormati calon client kita. Tapi itu tidak seberapa karena saya masih baru dalam bidang ini. Saya masih mencari kejutan apalagi yang saya dapat di bidang ini.
Jika saya sudah berusaha sedemikian kuat untuk mendapatkan HASIL tetapi saya juga belum mendapatkannya sekarang,bagaimana?
Saya terus memberikan sebuah sugesti kepada diri saya sendiri "Tenang, sabar, sebentar lagi giliran kamu yang akan mendapatkan hasilnya. Tinggal berusaha, tunggu waktu yang tepat dan do'a". Percayalah, setiap hari saya selalu berkata demikian kepada diri saya sendiri tanpa perlu ada yang tahu.
Bisnis ini mengajarkan saya bersikap egois tapi dalam hal yang positif dan bukan berarti saya tidak mempunyai sikap empati. Tentunya juga, bukannya saya tidak membutuhkan yang lain. Disini, saya butuh orang lain, saya butuh kerjasama team dan perusahaan tentunya. Disini saya sadar, saya tidak akan menjadi apa-apa tanpa anda semua. Disini, saya harus memilah bagaimana seharusnya saya bersikap.
Saya disini berusaha sekuat mungkin bangkit dari segala keputusasaan. Melawan musuh terbesar saya yakni rasa malas.
Jika saya harus berhadapan dengan orang yang malas pula di lingkungan saya, dengan senang hati saya berusaha tidak akan menjadikannya satu kesempatan untuk bermalas-malasan pula. Mudah-mudahan saya bisa melawan itu.
Disini, di bidang ini, saya masih belajar. Sampai kapanpun saya akan terus belajar karena pada dasarnya manusia punya kemampuan yang terbatas dan Tuhan yang menentukan, tinggal bagaimana kita bersikap, berusaha dan berdoa saja.
Disini, di bisnis marketing.

~Happy~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar